Beranda > General > Facebook Sebagai Media Promosi LKP

Facebook Sebagai Media Promosi LKP

 

Promosi LKP Melalui Facebook

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa hampir setiap pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) atau sebagian pengguna internet memiliki acount facebook. Coba perhatikan di sekeliling kita, banyak sekali account Facebook dengan awalan LKP, bukan hanya LKP, tetapi juga organisasi profesi dan organisasi mitra yang terkait dengan kursus dan pelatihan. Jika anda memiliki account facebook, coba saja memulai pencarian dengan kata kunci (LKP, HIPKI, HISPPI) pasti jawabannya sangat banyak tersedia. Menurut facebook, pengguna facebook di Indonesia  menduduki urutan ketiga terbesar pengguna facebook setelah Amerika Serikat dan Inggeris (data 3 juni 2010).

Pertanyaan selanjutnya adalah kita membuka facebook rata-rata untuk apa? secara rata-rata kitamem buka facebook adalah untuk update status. Beberapa pertanyaan selanjutnya adalah apakah kita tahu fasilitas apa saja yang ada di facebook, apakah kita merasa aman menggunakan facebook, apakah kita tahu bahanya menggunakan facebook? Sudahkan kita menggunakan facebook untuk meningkatkan omset bisnis kita secara aman dan tepat dan pertanyaan-pertanyaan lain seputar facebook yang perlu kita gali lebih dalam.

Memiliki account facbeook, sesungguhnya dapat digunakan sebagai media promosi yang epektif, jika kita menggunakannya secara bijak dan tepat. Pertanyaannya tetap kembali kepada alasan mengapa kita harus memiliki facebook, kecuali jika satu-satunya alasan adalah untuk sekedar bersiraturahmi dan berkomunikasi dengan saudara, kolega, dan pencarian teman lama.

Jika alasan kita memiliki account facebook adalah untuk memperluas informasi kelembagaan Kursus dan Pelatihan yang kita kelola, ternyata sebagian besar kita “mungkin” masih belum epektif dalam penggunaannya. Fakta yang ada adalah kemenangan Barack Obama sebagai Presiden Amerika juga tidak terlepas dari account facebook yang dimilikinya. Bedanya Obama menggunakannya dengan epektif sementara sebagian besar pengelola LKP belum melakukannya secara serius.

Beberapa Hal Yang Mungkin Harus Dilakukan

Untuk memperluas cakupan pemasaran LKP melalui facebook ada beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan, Jika alasan menggunakan account facebook untuk media informasi dan promosi lembaga kursus dan pelatihan:

  1. Bedakan secara tegas, antara account facebook pribadi anda dengan accunt Facebook LKP yang anda kelola
  2. Sebaiknya account Facebook LKP anda dibuat dalam bentuk halaman dengan setingan terbuka.
  3. Pastikan LKP yang anda kelola membuat satu group facebook, dengan memberi hak akses kepada pihak lain sebagai admin, agar pengelolaan informasi menjadi terbagi dan bervariasi
  4. Pastikan secara berkala account facebook LKP yang dikelola mendapatkan pertemanan dari pengguna account facebook yang lain
  5. Pastikan sasaran pertemanan baru LKP anda adalah mereka yang potensial akan menjadi peserta didik di LKP yang anda kelola, tentu dengan kisaran umur dan  spesifikasi yang anda inginkan.
  6. Pastikan  account facebook anda terkoneksi secara baik dengan handphone anda, sehingga anda bisa mengikuti perkembangan facebook anda dari segala tempat yang anda inginkan.
  7. Isi status anda dengan perkembangan lembaga terkini, actual dan informasi terhadap aktivitas yang sedang berlangsung atau kegiatan yang satu jam telah berlalu.
  8. Seleksi betul konfirmasi terhadap pertemanan baru
  9. Buat koneksi dengan halaman dan group yang telah memiliki anggota yang relative besar

10.  Pastikan anda memperoleh pertemanan dari mereka yang berusia remaja, disekitar LKP anda, atau dalam wilayah Provinsi/kabupaten/kota dimana anda berdomisili.

Prinsipnya bedakan antara facebook anda pribadi dan facebook LKP anda, sehingga pada facebook LKP hanya akan memuat informasi seputar aktivitas lembaga dan berbagai keunggulan yang dimiliki, biarkan anggota pertemanan yang mengometarinya, dan cepat memberikan tanggapan atas  email dan berbagai informasi yang mereka butuhkan.

Dengan cara ini, pertemanan anda dengan mereka akan berpotensi menimbulkan agen-agen penjualan baru, dan  sekaligus market baru bagi calon-calon perserta didik di LKP yang anda kelola. Memetakan kembali semua jenis pertemanan anda melalui account facebook cepat atau lambat akan memperluas pencitraan public LKP anda, tidak seperti selama ini yang banyak terjadi  facebook satu LKP berteman hanya dengan LKP lainnya, berteman dengan asosiasi profesinya, lembaga mitra dan sebagainya. Hal ini bukan berarti tidak baik. Sangat baik untuk menjalin komunikasi antar lembaga, namun tidak berpotensi menumbuhkan pasar baru bagi penjualan  program2 yang dikembangkan di Lembaga Kursus dan Pelatihan yang dikelola.

Selain hal tersebut di atas, anda juga harus tahu hal-hal yang harus dihindari seperti membuat banyak profile dengan nama samaran, spaming email, mencantumkan data pribadi yang sangat sensitif; Cukup luangkan waktu 5 menit sehari berkunjung ke facebook dengan tak mengabaikan tujuan kita yaitu membangun bisnis jangka panjang. Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam jangka waktu 5 menit tersebut adalah Update status, lihat status friends di News Feed dan pilih siapa yang ingin anda lihat, ucapkan ulang tahun pada teman, berikan komentar atau like untuk newsfeed yang berhubungan atau share, cek inbox dan jawab. Dengan hanya meluangkan waktu 5 menit saja, anda tidak akan mengganggu pekerjaan utama anda.

Semoga informasi yang sedikit ini bisa menambah manfaat dalam menggunakan facebook untuk pertumbuhan LKP Kita/ Irwan Putra.

 

Kategori:General
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: