Beranda > General > Kirab Budaya Cap Go Meh Di Kota Bandung

Kirab Budaya Cap Go Meh Di Kota Bandung

Kirab Budaya

Kirab Budaya

Ribuan orang turut meramaikan perayaan Cap Go Meh di Kota Bandung sabtu 11 februari 2012 kemarin. Kegiatan ini dikemas dalam acara Kirab Budaya, karena tidak hanya menampilakan budaya etnis Tiong Hwa tetapi juga dari etnis Sunda. Cap Go Meh merupakan istilah dari bahasa Hokian yang artinya “malam 15″ atau malam ke 15 setelah tahun baru Imlek.

Kirab Budaya Cap Go Meh ini di kota bandung telah saya saksikan untuk kali yang kedua setelah tahun 2011 yang lalu. Perayaan kali ini terasa semakin meriah saja, karena menampilkan atraksi Barongsai yang pantanstis dengan warna-warni yang beragam.

Keunikan lain yang terlihat pada perayaan Cap Go Meh Tahun ini adalah penapilan Naga Long Qing sepanjang lima puluh meter. Secara etimologi “long Qing” berarti cinta universal. Itu adalah naga terpanjang dan dihiasi dengan penerangan sehingga terlihat sangat gagah dan mempesona, ini termasuk naga terpanjang karena dimainkan 15 – 20 orang tidak seperti pada umumnya yang hanya dimainkan 2-5 orang saja.

Keunikan lain perayaan Cap Go Meh di Kota Bandung adalah terlihat

Kirab Budaya

akulturasi budaya yang sangat toleran, peserta kirab bukan hanya warga tionghwa tetapi masyarakat lokal juga ikut ambil bagian dalam kirab budaya tahun ini dan juga tahun sebelumnya. Jika pemain Barongsai yang dalam film-film China dimainkan oleh mereka-mereka yang pendekar Kungfu, tapi terlihat juga para pemain barongsai adalah penduduk lokal.

Kirab budaya seperti ini tampaknya perlu terus dilanjutkan dan dikembangkan, kemudian menjadi cerminan bagi adanya toleransi yang kuat antara etnis yang beragam di Indonesia. Sesungguhnya harmoni dalam heterogenitas etnis,  merupakan kekuatan yang sangat besar dalam pembangunan nasional jika yang mayoritas dapat memberi ruang bagi yang minoritas, saling memahami, saling menghargai dalam membangun peradaban Indonesia yang semakin baik./Irwan Putra.

 

Kategori:General
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: