Beranda > General > Berbagai Pilihan Pembinaan Karakter Dalam Pembelajaran (Bagian-3)

Berbagai Pilihan Pembinaan Karakter Dalam Pembelajaran (Bagian-3)

Pembinaan Karakter

Berbicara soal pembinaan karakter dalam kegiatan pembelajaran, maka beberapa hal berikut perlu ditanamkan kepada peserta didik dengan harapan mereka akan menjadikannya sebagai nilai hidup yang terinternalisasi, dan kemudian tumbuh menjadi karakter yang positif.

 

Mengkondisikan Peserta Didik Menuju Sukses

Pastikan peserta didik fokus pada tujuan menuju sukses, biasakan untuk mengingatkan mereka menetapkan tujuan dalam kehidupannya. Jika mereka terkadang kesulitan untuk tetap fokus, ajaklah untuk menetapkan tujuan-tujuan kecil yang mungkin diraih dan terus berfokuslah padanya sampai tujuan itu tercapai. Pastikan mereka menemukan cara untuk selalu melakukan suatu pekerjaan rutin secara lebih cepat dan lebih efisien.

Pilihan lain adalah membimbing mereka terlebih dahulu mengerjakan pekerjaan yang sulit, yang membutuhkan energi terbesar serta tingkat konsentrasi tertinggi, dan mengerjakan pekerjaan termudah pada bagian akhir. Beberapa kesuksesan kecil pasti akan membawa pada pencapaian yang lebih besar.

 

Disiplin Dengan Waktu dan Target

Kebanyakan dari peserta didik tidak akan pernah tahu kapasitas dan prestasi yang mereka miliki, karena mereka tidak pernah menantang diri sendiri untuk belajar dan bekerja sebaik yang mereka bisa setiap hari. Kebenaran ini terlihat sangat jelas saat mereka dihadapkan pada kesempatan yang benar-benar menarik, jarang tumbuh inisiatif untuk mengejar dan mendapatkannya.

Hal yang sebaiknya dilakukan adalah bimbing peserta didik menentukan target pencapaian yang mereka harapkan dengan target dan disiplin, sehingga dengan sadar memaksa diri sendiri membuat prioritas. Upayakan target pencapaian bagi diri mereka sendiri dan katakan secara berulang bahwa sesungguhnya anda akan kagum setelah menyadari betapa banyak yang bisa anda raih dalam waktu singkat, jika memang hanya waktu itu yang anda punya. Ajak mereka berdiskusi betapa banyak yang bisa anda raih seandainya setiap hari melakukan satu saja hal yang tidak suka dilakukan, maka dalam satu bulan mereka akan menyelesaikan 30 atau 31 hal yang mungkin berguna bagi kesuksesan mereka.

Disiplin merupakan tindakan sadar yang berlaku keras terhadap diri sendiri, bukan tindakan sebaliknya: keras terhadap orang lain dan lunak terhadap diri sendiri. Untuk menjadi orang sukses disiplin harus ditanamkan secara kuat dan mengakar, disiplin akan jelas memisahkan antara para pemimpi dari orang-orang yang bertindak, memisahkan orang-orang yang ingin jadi pemenang dengan pemenang yang sesungguhnya.

Tanpa disiplin, mimpi akan tetap menjadi hayalan yang berkepanjangan dan tidak akan pernah berubah bentuk menjadi sesuatu yang nyata berupa kesuksesan, dan peserta didik harus selalu ditantang untuk mendisiplinkan diri demi kemajuan dan kesuksesan mereka di masa depan.

 

Berfikir Positif dan Kreatif

Jika kita memperhatikan secara sungguh-sungguh, semua organisasi yang dikelola dengan baik, kita akan mendapatkan bahwa orang yang paling sukses didalamnya adalah mereka yang bersikap positif dan suka membantu sesama.

Tunjukkan kepada peserta didik bahwa semua orang yang berada pada posisi puncak, hampir selalu adalah orang-orang yang bahagia dan memiliki sikap antusias, sikap negatif tidak akan memberikan keuntungan apapun dalam keberhasilan belajar dan peningkatan karir. Semua sisi hidup akan berkembang secara luar biasa jika kita melakukan pendekatan terhadap semua persoalan dengan cara-cara yang positif.

Dewasa ini dunia kerja dan industri dan pengguna jasa lainnya pekerja yang trampil, tetapi lebih dari itu, Mereka membutuhkan pekerja yang kompeten, pekerja yang memiliki integritas. pribadi, disiplin, jujur, dan memiliki  etos kerja yang tinggi.  Jenjang karir  pekerja dalam industri dan jasa juga ditentukan oleh tingkat kreatifitas, produktifitas dan inovasi. Jika Anda ingin bekerja mandiri tentu harus memiliki ketangguhan, semangat dan motivasi yang tinggi untuk mencapai tujuan mereka.//Irwantra

 

Kategori:General
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: