Beranda > General > Workshop Finalisasi Instrumen Pemetaan Mutu PAUDNI

Workshop Finalisasi Instrumen Pemetaan Mutu PAUDNI

 

Finalisasi Instrumen Pemetaan Mutu PAUDNI

Dengan ditetapkannya peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No.63 Tahun 2009 tentang sistem penjaminan mutu pendidikan, maka semua unit terkait harus melaksanakannya sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Penjaminan mutu pendidikan di Indonesia harus dilakukan dengan cara yang sistematis, integral, menyeluruh dan berkelanjutan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.

Pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan ini meliputi jalur pendidikan formal, nonformal, dan informal serta jenjang pendidikan anak usia dini, dasar, menengah, dan pendidikan tinggi.

Dalam kerangka peningkatan mutu pendidikan maka terlebih dahulu harus diketahui tentang pemenuhan standar yang telah dilaksanakan satuan pendidikan, baik pendidikan formal, non formal, dan informal. Berkaitan dengan itu untuk melaksanakan tugas dan fungsi PPMP yang dijabarkan dalam bentuk program kerja memerlukan berbagai jenis instrumen sebagai alat yang akan digunakan dalam pemetaan mutu pendidikan.

Berhubung karena sampai saat ini belum tersedia instrumen pemetaan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD), non formal dan informal maka perlu dilakukan upaya pengadaannya.  Sehubungan dengan itu PPMP melalui bidang penjaminan mutu PAUDNI melaksanakan workshop finalisasi instrumen pemetaan mutu PAUDNI.

Secara umum tujuan Finalisasi Penyususnan Instrumen Pemetaan mutu PAUDNI adalah untuk menghasilkan seperangkat instrumen final penjaminan mutu PAUDNI sebagai alat untuk pengumpulan data bagi pemetaan PAUDNI di Indonesia. Secara khusus tujuan workshop finalisasi instrumen pemetaan mutu PAUDNI adalah untuk menghasilkan instrumen final pemetaan mutu PAUD, Kursus, dan Kesetaraan.

Drs. J. Malau. MM dalam pengarahan teknis menyampaikan bahwa: Pemetaan mutu PAUDNI dilakukan  untuk memenuhi dua hal berikut: Sebagai bahan masukan bagi pemerintah dalam mengembangakan program pembinaan, dan bagi  PAUDNI secara kelembagaan dapat digunakan sebagai bahan untuk mengevaluasi diri, dan dijadikan sebagai dasar pengembangan program internal

Kegiatan workshop finalisasi instrumen pemetaan mutu PAUDNI dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 6 s.d 8 Juli 2011 bertempat di Hotel Imperium, Jl. Dr. Rum Kav 30-32 Bandung.

Kegiatan ini secara langsung dikoordinasikan oleh ibu Dra. Ermiyati dan Bapak Drs. J. Malau,MM  dari Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan, Narasumber yang secara aktif mendampingi tim finalisasi instrumen pemetaan mutu PAUDNI terdiri dari: Dr. Yendri Wirda dari Balitbang Kemdiknas, Prof.Dr. Darmin dari Universitas Pendidikan Indonesia, Prof.Dr.Supriyono dari Universitas Negeri Malang, Prof.Dr.Sapto dari Universitas Negeri Makasar, dan Dr.Sofi dari Universitas Negeri Jakarta.

Pemetaan mutu PADNI diharapkan akan memandu semua pihak dalam menata sistem peningkatan mutu SDM dan kelembagaan PAUDNI agar memiliki keunggulan komparatif maupun keunggulan kompetitif sesuai dengan kebutuhan pembangunan pendidikan Nasional Indonesia./ Irwan Putra

 

 

Kategori:General
  1. nurul
    Februari 24, 2012 pukul 9:44 am

    Pak admin..apakah instrumen pemetaan mutu PAUDNI ini ada filenya yg bisa didownload?
    makasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: