Beranda > Otomotive News > Perhatikan Daya Angkut Kendaraan Anda

Perhatikan Daya Angkut Kendaraan Anda

oto2PERAWATAN suspensi bisa diawali dari shockbreaker. Meski terbuat dari bahan baja yang memiliki daya tahan lama, namun umur shockbreaker tetap ada batasnya. Shockbreaker dapat mengalami keausan terutama pada komponen seal yang terbuat dari bahan karet. Semakin sering shockbreaker terkena guncangan dengan beban berlebihan, daya tahannya pun akan semakin berkurang. Akibatnya, shockbreaker mobil menjadi lemah yang mengakibatkan bodi mobil terasa melayang saat melaju.

Beberapa cara agar shockbreaker tetap awet yatu dengan menghindari jalan-jalan berlubang. Bila ternyata harus melewati jalur berlubang tersebut, lewati jalan itu dengan laju kendaraan yang lambat. Jangan menerjang lubang sehingga suspensi bekerja keras meredam guncangan.

Perlu diperhatikan pula beban kendaraan. Disarankan jangan memasukkan barang-barang yang berat melebihi ketentuan daya angkut kendaraan. Karena beban berlebihan, akan membuat suspensi kerja keras sehingga komponennya akan cepat loyo dan sulit bekerja maksimal. Sebaiknya pemilik kendaraan rajin membersihkan shockbreaker dari kotoran yang menempel. Pasalnya, bila ada kotoran yang menempel dan menyelinap ke sisi-sisi yang bergerak, akan mempercepat keausan seal maupun piston pada shockreaker. Pada beberapa tipe shockbreaker , biasanya terdapat karet penutup yang berfungsi mencegah kotoran masuk. Periksa karet tersebut dari kemungkinan sobek.

Untuk mengetahui kondisi shockbreaker bisa dilakukan dengan menekan bodi mobil. Jika bodi mobil terasa mengayun berlebihan, bisa diartikan shockbreaker sudah mulai aus.

Khusus ball joint , tipe gemuk yang dipakai adalah molibdenum disulfide lithium base. Untuk menambah gemuk bisa dilakukan dengan cara melepaskan screw plug yang berada di bagian bawah ball joint, kemudian pasangkan alat fitting gemuk. Setelah proses pengisian selesai, pastikan ganti kembali fitting gemuk dengan screw plug. Tidak semua jenis ball joint memerlukan pergantian gemuk, karena sekarang ada tipe ball joint yang menggunakan dudukan dari resin. Jenis ini tidak memerlukan penggantian gemuk.(ovi/bk)/PRPR/Irwan***

Kategori:Otomotive News
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: