Beranda > Info Kursus > Hasil Penilaian Kinerja LKP Tahun 2009

Hasil Penilaian Kinerja LKP Tahun 2009

Bahwa dalam rangka peningkatan mutu, relevansi dan daya saing lembaga kursus dan pelatihan serta sebagai upaya memotivasi para penyelenggara lembaga kursus dan pelatihan, perlu dilakukan kegiatan penilaian kinerja lembaga kursus dan pelatihan secara bersinambungan;

Bahwa berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan terhadap lembaga kursus dan pelatihan yang memenuhi kriteria sesuai dengan pedoman, perlu ditetapkan klasifikasi Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sesuai dengan kinerja yang telah dicapainya

Demikian awal pertimbangan Direktur Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Ditjen PNFI Depdiknas RI dalam surat keputusan Nomor. Kep-143/E-5/HK/2009 tentang penetapan hasil penilaian kinerja lembaga kursus dan pelatihan tahun 2009  Selengkapnya dapat di Unduh disini

Penilaian kinerja merupakan bagian penting dari suatu organisasi, karena berpengaruh terhadap manajemen pengembangan sumber daya manusia. Dubrin, et. al, (1996), mengatakan bahwa penilaian kinerja memiliki 2 (dua) kepentingan yaitu kepentingan bagi karyawan dan bagi organisasi/lembaga. Bagi karyawan dapat memberikan umpan balik tentang kemampuan, kekurangan-kekurangan dan potensi-potensi yang ada, yang pada gilirannya nanti dapat dikembangkan untuk meningkatkan kinerja, sedang bagi organisasi sangat penting arti dan peranannya dalam pengambilan keputusan tentang berbagai hal, seperti identifikasi kebutuhan karyawan, promosi, pemberian imbalan,  strategi pengembangan kelembagaan dan berbagai aspek lain.

Penilaian kinerja adalah penilaian yang dilakukan terhadap kelembagaan secara umum, dengan membandingkan perencanaan program sebuah lembaga dengan target-target pencapaian yang telah diperoleh. Walaupun penilaian kinerja juga dilakukan terhadap penyelenggara/pengelola, makan hal ini hanya merupakan satu komponen dari sekian banyak komponen lainnya. Sehingga tidak ada ketentuan yang menjamin jika pengelola/penyelenggara adalah seorang aktivis di bidang kursus dan pelatihan maka secara otomatis lembaga yang dikelolanya berkinerja baik.

Prestasi lembaga kursus dan pelatihan juga merupakan satu komponen penting dalam penilaian kinerja, tetapi buka satu-satunya komponen. Sehingga tidak ada ketentuan yang menjamin bahwa lembaga kursus yang pernah ditetapkan sebagai lembaga yang berprestasi pada tahun-tahun sebelumnya, kemudian secara otomatis dianggap berkinerja baik.

Penilaian terhadap kinerja lembaga kursus dan pelatihan memiliki spesifikasi yang berbeda, alat dan perangkat yang berbeda jika dibandingkan dengan penilaian lembaga kursus berprestasi atau dengan program pemilihan widyakarya bakti kursus. Namun demikian apapun program yang telah dikembangkan pada dasarnya bertujuan sama : sebagai salah satu upaya Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan dalam mewujudkan peningkatan mutu, pencitraan publik dan perluasan akses terhadap LKP secara terukur dan dapat dipertanggungjawabkan. Mudah-mudahan pada masa mendatang Kinerja lembaga kursus dan pelatihan kita semakin tinggi dalam rangka mendukung tujuan nasional pendidikan kita/*Irwan.

Kategori:Info Kursus
  1. Nachraini
    Januari 7, 2010 pukul 7:50 am

    Pak Irwan Yth

    Saya pengelola sebuah LKP di Kota Bontang Kalimantan Timur. Pada tahun 2009 kemarin LKP yang saya kelola tidak mendapatkan kesempatan untuk dilakukan penilaian kinerja.

    Kira2 tahun 2010 apakah masih ada program tersebut, kemuadian bagaimana caranya agar lembaga kami bisa di nilai. Kemana kami harus mengajukan permohonan, Mohon penjelasan dan bantuannya. terima kasih

  2. admin
    Januari 11, 2010 pukul 5:01 am

    Sdr/i Nachraini, Terima Kasih atas tanggapan Anda. Penilaian kinerja LKP akan terus dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Ditjen PNFI Kementrian Pendidikan Nasional untuk tahun 2010.

    Keikutsertaan dalam nominasi LKP dalam Penilaian Kinerja, merupakan ususlan dari Dinas Pendidikan dimana LKP yang bersangkutan berdomisili sesuai ijin operasional.

    Saran kami, lakukan koordinasi dan komunikasi dengan dinas pendidikan setempat, dan terus update informasi terkait kursus dan pelatihan di http://www.infokursus.net.

    Wasalam’
    Irwan Putra

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: