Beranda > Inspirasi > Optimalisasi Kreatif

Optimalisasi Kreatif

Tentang optimalisasi kreatif.  Terlampau sering saya mendengar keluhan seseorang yang terlampau sibuk ditelan rutinitas hingga membuatnya hilang daya kreatif. Maka yang kemudian tersisa adalah kebosanan dan kejenuhan serta stagnasi yang menyiksa. Lalu dia berandai-andai jika mempunyai waktu luang lebih panjang, tentu dia akan bisa menghadirkan karya terbaiknya dari proses kreatif diri yang terjalani.

Namun nyatanya, ketika luang itu datang terbentang, justru segala imaginasi kreatif itu terbang melayang. Semua ide lenyap. Luapan energi kreatif meredup. Semua imaginasi pergi. Jika di sela-sela kesibukannya yang dulu dia masih mampu menghasilkan karya yang walau menurut dirinya sendiri belum maksimal, namun justru dalam gelimang keleluasaan dirinya terbelenggu kemalasan. Semua sarana dan prasarana yang ada pun tak menolong sama sekali memicu hadirnya daya kreatif itu. Otak rasanya buntu, hasrat sepertinya tertambat, tersiksa karena ingin melompat tapi kaki terikat. Rasa penasaran yang sungguh tak mengenakkan.

Adalah benar adanya jika ‘rasa luang’ itu bisa menciptakan ‘rasa nyaman’ untuk berkarya kreatif. Membuat proses kreatif bukan saja menjadi lebih fokus terjalani, namun juga lebih nikmat terlalui. Tapi bila kita justru terobsesi dengan menunggu waktu luang datang baru kemudian berkarya, maka yang sering terjadi adalah justru kondisi seperti yang telah saya sebutkan di atas. Dan jika kita tetap berproses kreatif selama masa sibuk, maka ketika luang itu datang, maka kehadirnya akan semakin mendorong proses kreatif diri itu semakin maju.

Jadi, marilah berkarya kreatif, usah perduli kondisi kita saat ini. Berbuat yang terbaik dan biarkan sang waktu yang menilainya. /handaru*
Kategori:Inspirasi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: