Beranda > Penilaian Kinerja > Penilaian Kinerja Lembaga Kursus dan Pelatihan

Penilaian Kinerja Lembaga Kursus dan Pelatihan

Menjadikan Lembaga Kursus dan Pelatihan yang mampu berkembang dan eksis sepanjang masa adalah impian semua penyelenggara satuan PNF

Dalam penerapan proses pengelolaan lembaga, manajemen harus mampu menunjukan pendekatan apa yang dipakai (approach/ method), bagaimana penjabaran dan penerapannya (deployment), bagaimana desiminasi pembelajaran pengetahuannya (learning) dan bagaimana pula pendekatan tersebut berintegrasi dengan elemen-elemen lain dalam organisasi (integration).

Demikian juga keterkaitan antara kinerja hasil (Result Performance) dengan kinerja proses (Process Performance) harus mampu diperlihatkan secara jelas. Dengan demikian tidak pernah akan terjadi suatu output dari kinerja hasil yang tidak bisa diidentifikasi keterkaitan prosesnya untuk dianalisis.

Sesungguhnya ada banyak faktor (yang bisa dikontrol) yang mempengaruhi kemampuan lembaga kursus dan pelatihan untuk berkembang dan bertahan sepanjang waktu. Antara lain adalah faktor kelembagaan, sarana prasarana dan administrasi, pendidik dan tenaga kependidikan, kurikulum, pembiayaan, proses belajar mengajar, penilaian hasil belajar, dan kompetensi lulusan.

Faktor-fator di atas pada akhirnya akan meliputi kriteria pengukuran sistem kepemimpinan, perencanaan strategik, kepedulian pada pelanggan, strategi penguasaan pasar, sistem dan proses kerja, sumberdaya manusia, kinerja hasil dan sebagainya. Ini semua adalah criteria kinerja yang dapat direncanakan dan dikendalikan untuk membangun lembaga kursus dan pelatihan yang kuat dan terus berkembang. Kriteria-kriteria kinerja diatas harus bisa diukur, dipahami (fluktuasinya), dianalisa, dievaluasi untuk kemudian ditentukan strategi peningkatan kinerjanya agar lembaga kursus dan pelatihan bisa berkembang dan bertahan sepanjang masa.

Berbagai permasalahan yang sering ditemui dalam pelaksanaan dan pengelolaan program pendidikan dan pelatihan adalah managemen pengelolaan lembaga, dan berbagai potensi yang menyebabkan program tidak efisien dan epektif. Hal ini akan berdampak pada nilai manfaat menjadi tidak maksimal, sedangkan biaya yang harus ditanggung menjadi semakin besar.

Dalam pelaksanaan program kursus dan pelatihan yang berbasis kecakapan hidup, perlu diketahui kendala / permasalahan dan perkembangan pelaksanaan di lapangan yang  akan dijadikan dasar dalam percepatan pelaksanaan dan dasar kebijakan pemerintah pada masa mendatang.

Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi yang dilaksanakan selama ini masih menggunakan  metolodogi pengumpulan data yang bersifat evaluatif yang sangat tergantung subyektifitas dari petugas monev(evaluator). Pendekatan evaluasi tersebut yang didasarkan atas penilaian terhadap aspek-aspek fisik dan daya serap, yang dilakukan secara periodik. Maka diperlukan metode evaluasi/monev yang lebih patisipatif, focus dan terukur dengan cara penilaian berbasis kinerja terhadap lembaga kursus dan pelatihan. Maka pastikan Lembaga Kursus dan Pelatihan anda ambil bagian dalam Program Penilaian Kinerja Lembaga Kursus dan Pelatihan)*Irwantra/dep

  1. Rismaya Achmad
    November 7, 2009 pukul 9:17 pm

    Asalamualaikum

    Mas Irwan, Terimakasih atas tulisannya. Kami juga pengelola LKP mendengar dari beberapa kolega, ada program yang sedang berjalan yaitu Penilaian lembaga kursus dan pelatihan berbasis kinerja.

    Pertanyaan saya, apa sebabnya LKP saya tidak masuk dalam daftar lembaga yang dinilai, sementara LKP teman saya sudah di Nilai oleh petugas…Mohon Informasinya.

    Rismayanti…Kutai Kartanegara

  2. admin
    November 7, 2009 pukul 10:38 pm

    Walaikumsalam Wr.wb

    Ibu Rismayanti, termakasih telah merespons tulisan saya. Semua Lembaga Kursus dan Pelatihan akan dilakukan penilaian terhadap kinerjanya, namun demikian ada prioritas untuk hal itu. Prioritas yang saya maksdukan adalah: LKP yang memiliki Nilek (Nomor Induk Lembaga Kursus) dan di usulkan oleh Dinas Pendidikan dimana ibu berdomisili.

    Jika tahun ini belum dilakukan terhadap LKP yang ibu kelola, mungkin di priode mendatang, Saya sarankan Ibu berkoordinasi dengan Dinas pendidikan setempat untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

    Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN PNF) juga sedang melakukan Akreditasi terhadap LKP, baik akreditasi terhadap Program maupun akreditasi terhadap Lembaga. Semoga ibu telah mempersiapkannya, dan untuk akreditasi, ibu terlebih dahulu harus mengirimkan suran permohonan kepada BAN PNF.

    Demikian ibu, semoga sukses.

    Irwan Putra

  3. Ratih
    November 8, 2009 pukul 8:29 pm

    Pak Irwan, apa dasar penentuan/penetapan kinerja sebuah lembaga kursus dan pelatihan. Kami di jakarta barat dihubungi oleh petugas verifikasi untuk menginformasikan jadwal, padahal kami tidak pernah mengajukan permohonanan untuk dinilai, sehingga kami agak “kelabakan” bukankah sebaiknya LKP diberitahu lebih awal sehingga bisa melakukan persiapan.

    Kl boleh usul kepada pemerintah…lakukan sosialisasi sebelum program ini dilaksanakan, jika tidak demikian kami merasa “dirugikan” karena tidak benar-benar siap.

    Soal lain lagi, kami mengirimkan permohonan untuk di akreditasi sampai sekarang tidak ada tindak lanjutnya. Mohon penjelasan, apa beda Akreditasi dengan penlaian kinerja lembaga kursus.

  4. admin
    November 9, 2009 pukul 9:23 am

    Ibu Ratih, Terima kasih atas respons Ibu. Penentuan dan penetapan kinerja lembaga kursus dan pelatihan dilakukan dengan mengkonfirmasi antara instrumen dengan fakta dilapangan. ada passing grade untuk menentukan klasifikasi LKP setelah dilakukan penilaian, dan semua itu didasarkan kepada temuan oleh verifikator lapangan.

    Penetapan dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan atas masukan dari pleno tim penilai. Sosialisasi telah dilakukan secara bertahap, namun demikian belum secara keseluruhan LKP terlibat dalam kegiatan sosialisasi ini, kami sarankan Ibu Ratih terus berkoordinasi dengan dinas pendidikan dimana ibu berdomisili untuk mendapatkan info yang lebih lengkap.

    Dalam program penilaian kinerja lembaga kursus, tidak akan ada yang akan dirugikan, semua ini dilakukan untuk tujuan peningkatan kapasitas manajemen dan kelembagaan LKP. Akreditasi bersifat “opsional” mengacu kepada kemauan dan kesiapan lembaga dengan mengajukan permohonan kepada BAN PNF. Penilaian kinerja dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Ditjen PNFI Depdiknas RI, dan kuotanya telah ditetapkan berdasarkan masukan dari Dinas Pendidikan Provinsi.

    Untuk persoalan akreditasi, kami sarankan ibu terus berkomunikasi dengan BAN-PNF, sehingga ibu akan mendapatkan informasi sejelas dan selengkap-lengkapnya.

    Selamat bekerja …semoga sukses

  5. JUNJUN JUMHATDRIAN
    Desember 18, 2011 pukul 9:30 am

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Salam sejahtera kami sampaikan, semoga Bapak berada dalam lindungan Alloh SWT, sehingga dapat menjalankan tugas dengan lancar.Amiin.

    Alhamdulillah, saya haturkan puji syukur kepada Alloh telah menemukan web ini, bagi saya sangat berarti sekali.

    Pak bagaimana caranya kami mendapatkan bimbingan dan pelatihan peningkatan mutu baik bagi tutorial maupun bagi lembaga ? perlu bapak ketahui kami LKP Pelita (berdiri tahun 1987) senang rasanya bila hal ini dapat terwujud. Terima kasih dan mohon maaf.

    Wassalam

    Junjun J.

    • Februari 13, 2012 pukul 6:12 pm

      Salam tQ Krew Fitrahpower + JKSM + 3h 2m + semua peesrta :em50: :em69: *mg tautan ukhwah ni menguatkan kerjasama kita utk terus berkhidmat untuk Islam demi Allah*Syariah Asas Keadilan :em21:

  6. andi irawan
    November 29, 2016 pukul 11:05 am

    aslmkm. uda berapa tahun berdirikah lembaga baru bisa dinilai kinerjanya?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: