Beranda > Otomotif News > Periksa Tekanan Ban

Periksa Tekanan Ban

SEBELUM mengemudikan kendaraan atau bepergian jauh, periksalah ban agar perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman. Langkah pertama periksa fisiknya. Apakah ada kerusakan, terbelah, kena paku, batu, atau aus. Aus pada ban dapat disebabkan beberapa hal, seperti kurang tekanan angin, kelebihan tekanan angin, masalah alignment atau spooring dan kerusakan mekanik. Jika ban terlihat aus pada kedua bagian pinggirannya, ini merupakan tanda dari kurangnya tekanan angin. Ban kempes karena kurang angin harus dihindari karena bisa mengurangi daya pakainya.

Pasalnya, temperatur gesekan ban dengan aspal bisa meningkat drastis sehingga mengurangi kekuatan ban. Selain itu, ban kempes bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros karena mobil menjadi lebih berat.Tanda ban yang kelebihan tekanan angin biasanya aus pada bagian tengahnya. Alasannya, bagian tengah telapak ban akan selalu menerima gesekan dan tekanan sehingga akan mempercepat keausan dibandingkan bagian sisi samping ban. Keausan tidak merata akan mengurangi umur ban. Lain lagi kalau ban memperlihatkan ciri telapak yang habis terparut. Ini umumnya terjadi pada ban depan, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi pula pada ban belakang.

Ban yang telapaknya habis terparut menandakan kondisi roda mobil yang tidak seimbang atau terjadi kerusakan sistem kemudi dan suspensi. Sedangkan bila ciri permukaan telapak ban bergelombang, disebabkan oleh tekanan yang tidak beraturan antara telapak ban dengan jalan. Solusinya adalah perbaikan alignment / spooring toe-in atau toe-out. Untuk menghindari masalah tersebut, penting bagi pengemudi untuk selalu memeriksa tekanan ban dalam keadaan dingin. Kemudian pergunakan pengukur tekanan (tire pressure gauge) dan sesuaikan dengan spesifikasi yang ada dalam buku manual kendaraan. Terakhir, pastikan bahwa keadaan pentil tidak bocor setelah dilakukan pemeriksaan tekanan. 

Kategori:Otomotif News
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: