Beranda > Kursus Otomotif > Kursus Otomotif

Kursus Otomotif

Dobrak Pintu Lapangan Kerja

Kursus otomitif untuk menjadi montir mobil atau sepeda motor memang bisa menjadi sarana untuk menjebol dinding keterbatasan lapangan kerja. Dengan menguasai mesin otomotif, Anda bisa menerima order “bikin betul” sepeda motor atau mobil yang mogok. Atau, kalau belum mau berpayah-payah, bisa ikut kerja di berbagai bengkel. Kesulitan untuk mencari pekerjaan pun terpecahkan. Hampir sekitar 70% lulusan kursus montir otomotif dapat langsung bekerja di bidang perbengkelan, bahkan ada sebagian yang mampu berusaha sendiri

Mampu Bersaing

Walaupun tak mensyaratkan kemampuan akademis sebelum memasuki kursus, dijamin lulusan kursus montir otomotif mampu bersaing dengan lulusan STM dalam mencari lapangan pekerjaan. Paling tidak bisa cepat diterima untuk bekerja di bengkel. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa lulusan kursus montir otomotif yang bisa bekerja di sebuah bengkel yang cukup besar. Saat melamar, mereka mampu lulus dari tes yang  diberikan bengkel tempat mereka bekerja, padahal saingannya anak STM, bahkan ada yang sudah pengalaman bekerja di bengkel bertahun-tahun

Calistung Saja Sudah Cukup

Mengenai persyaratan untuk bisa mengikuti kursus otomotif sebenarnya cukup sederhana, asal bisa calistung (baca, tulis, hitung) sudah cukup. Kebanyakan kursus montir otomotif tidak menuntut syarat akademis atau syarat keilmuan apa pun kepada calon siswa. Artinya, siapa pun boleh mengikuti kursus, baik yang hanya lulus SD atau lulusan universitas. Tapi tentu saja harus sesuai dengan minat dan bakat serta bersedia membayar uang kursus yang ditetapkan.

Biaya Dan Lamanya Kursus

Oleh karena itu, otomotif pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua sistem dan subsistem tersebut. Ilmu otomotif dalam penerpannya merupakan ilmu inti yang harus dikuasai oleh seorang montir mobil atau sepeda motor agar bisa melakukan perbaikan terhadap kerusakan-kerusakan yang terjadi. Selain itu, dunia usaha/industri pun sangat membutuhkan ilmu otomotif dalam melakukan produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar baik dari segi jumlah maupun teknologinya.

Saat ini, berbagai kursus montir otomotif menetapkan biaya pelatihan yang hampir seragam. Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk kelas pemula berkisar antara Rp. 500 ribu hingga Rp. 750 ribu per siswa, biaya ini biasanya termasuk ongkos praktek dan untuk membeli bahan atau peralatan praktek. Biaya bagi kelas lanjutan, berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 1,5  juta.  Sedangkan untuk kelas terampil, bisa sampai Rp 2 juta. Makin tinggi kelasnya, makin mahal. Hal ini dikarenakan pelajarannya makin sulit, serta praktiknya banyak memakan biaya. Bagi anda yang merasa kurang mampu untuk pembiayaan tidak perlu khawatir, karena pemerintah mempunyai program beasiswa kursus, tentu saja dengan persyaratan tertentu. Sedangkan mengenai lamanya waktu belajar, biasanya sekitar tiga bulan untuk setiap tingkatan. Namun, ada beberapa kursus otomotif yang menyediakan paket intensif, yang bisa diselesaikan dalam tempo satu bulan saja.

Teliti Sebelum Membeli

Tempat kursus montir itu tidak sulit ditemukan, hampir di mana-mana ada. Kasarnya, hampir di  setiap tiang listrik ada tempelan iklan tempat kursus montir mobil maupun sepeda motor. Tapi tunggu dulu, bukan hendak pilih-pilih tebu, tetapi sikap teliti sebelum membeli tetap diperlukan, agar memperoleh tempat kursus yang benar-benar kredibel. Tempat kursus yang baik bisanya menerapkan strategi pembelajaran 30% teori dan 70% praktek, dilengakapi dengan peralatan dan bahan praktek yang cukup memadai. Selain itu, tempat kursus juga memiliki jaringan kemitraan untuk penyaluran kerja lulusan kursus

Pengertian Otomotif

Otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil dan sepeda motor. Otomotif mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan sistem dan subsistem.

About these ads
Kategori:Kursus Otomotif
  1. r.hari.p
    Februari 8, 2011 pukul 2:05 pm

    sya mau tnya klo kursus ada nya di daerah mna sja, krna sya ada di daerah bgr, dn sya mau tau hubungin kmana….

  2. sri
    April 26, 2011 pukul 5:09 am

    kalo cuma kursus nyupirnya aja bisa gak???
    trus byarnya brapa

  3. ipank
    Mei 3, 2011 pukul 3:54 am

    tolong kasih saya info dunk,, tempat kursus mekanik mesin mobil\motor d sby,,,,
    krn saya pngen bgt blajar,,,,,???
    thankzz

  4. agus
    Juni 5, 2011 pukul 2:01 pm

    kalau di solo/jogja ada gak.

  5. izam
    Juni 20, 2011 pukul 11:42 am

    klo d daerah pasuruan ada tidak yah……!!
    Kalau ada dmn tmpat yang paling baik

  6. Juli 5, 2011 pukul 1:57 am

    tempat kursus yang bagus di bandung di daerah mana ya

  7. Juli 31, 2011 pukul 4:06 am

    q pngn tau tmpt kursusan y yang tertera d atas,yang teori 30persen dan 70persen praktek,serta tempat oraktek y luas dan memadaidan terjamin.

  8. uam
    Agustus 25, 2011 pukul 2:21 am

    kl di bali dmn ada kursus otomotif

  9. September 2, 2011 pukul 8:54 am

    bagaimana cara mendaftar di kursus ini?? tolong kiriman informasinya dong ke email saya chrisagita_sgl@yahoo.com.
    thanks.

  10. Joni
    September 8, 2011 pukul 9:33 am

    bisa gak kita diberikan contact yang bisa dihubungi, please , trims

  11. September 9, 2011 pukul 3:57 am

    saya mau tanya kalo tempat kursusnya ada di daerah mana sih soalnya saya mau kursus montir mobil sekarang saya ada di daerah bandung..

  12. m.nur hanif
    Oktober 25, 2011 pukul 12:38 am

    saya sebernya kurang mampu….
    kalo udah sampai 2 jt lebih….
    sebenarnya saya ingin sekali mengikuti kursu bengkel mekanik motor…

  13. Oktober 31, 2011 pukul 1:56 pm

    Sya mau masuk situ apa aada di daerah dpok trus apa bisa setelah kursus di situ bisa langsung kerja ,,

    Soal nya sya mau bhagiain orang tua sya ..

    Trus ssaya mnta no hp tempatkursus nya ??

  14. Nia
    November 4, 2011 pukul 9:13 am

    tolong kirim kan alam tempat kursus ya karna adik saya berminat,saya tinggal di daerah cengkareng tolong kirim via imel saya Niakhalysa@yahoo.co.id saya harus hubungi kemana agar dafat info lbh jelas???????? :)

  15. Desember 23, 2011 pukul 7:59 am

    kursus tuk daerah tegal wilayah slawi yg bagus dan terjangkau dimana yach,,,,???
    q butuh info’y,,,,yg tau tolong contek inbok di FB q yach,,,,,,

  16. Mulyadi
    Desember 29, 2011 pukul 7:53 am

    Klo tmpt kurss d jambi yg bgs d mana ya ? Lo gk ad tlng ksh info tmpt kurss d prop tetangga, bls k email aj y !

  17. andik susan wibowo
    Januari 5, 2012 pukul 10:49 pm

    alamatnya dimana mas kok tidak dicantumkan, jangan-jangan ilegal ya atau kursus siluman ya ??????????????

  18. Ricky
    Januari 10, 2012 pukul 2:12 pm

    Maaf saya ingin bertanya,klo tmpat kursus sepeda motor yang baguz di daerah bandung di mna yach,thankz

  19. edi
    Januari 20, 2012 pukul 2:16 pm

    maang kursus d daerah mn?

  20. Dody Muharam
    Januari 21, 2012 pukul 8:08 am

    Mau tanya tempat pelatihan otomotif/mobil yang bagus di bandung….sekalian minta informasi waktu dan biayanya…

  21. diana cr
    Januari 27, 2012 pukul 1:56 pm

    Minta tolong caranya mendapat beasiswa kursus dari pemerintah. Kebetulan anak yg mau ikut kursus ini sudah belajar otodidak dan kelihatannya cukup berbakat, tetapi kurang mampu dalam hal baiara. TQ.

  22. nita
    Februari 10, 2012 pukul 11:06 am

    tolong kirimkan info mengenai kursus ini ke nita_new22@yahoo.com
    aku tinggal di sby

  23. anas
    Maret 7, 2012 pukul 6:44 am

    kalau d jogja ada ga tempat kursus nya???kirim k email saya anasrebel@rocketmail.com terimakasih

  24. nia
    Maret 15, 2012 pukul 4:15 pm

    saya pengen tau tempat kursus montir mekanik mobil di surabaya dimana ya?tolong dunk…….terima kasih

  25. Sherlyana
    Maret 15, 2012 pukul 7:49 pm

    Dimana lokasi n alamatnya? Brp biaya kursus ya? Tks

  26. andre yanto
    Juni 28, 2012 pukul 2:18 am

    dimnh lokasinya?? dan cara dftarnya gmn ???

  27. Juli 15, 2012 pukul 4:31 pm

    Lembaga kursus dan pelatihan dengan berbagai program kursus yang diselenggarakan Kunjungi http://infokursus.net

  28. Juli 26, 2012 pukul 4:50 am

    saya butuh montir sepeda motor lulusan kursus otomotif irwan putra bagai mana caranya.

    • Agustus 2, 2012 pukul 3:50 pm

      Pak Salman terima kasih atas Apresiasinya. Irwan Putra itu nama saya. Bukan nama lembaga kursus dan pelatihan Otomotif, dan saya sendiri tidak bergerak dalam usaha kursus dan pelatihan.

      Banyak lembaga kursus dan pelatihan yang meluluskan calon mekanik yang kompeten dan telah di Uji oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi. Silahkan Bapak berhubungan dengan LKP otomotif, atau dengan Lembaga Sertifikasi Otomotif..Tentu mereka memiliki data calon mekanik yang bapak maksudkan.

  29. dadang
    November 22, 2012 pukul 4:29 am

    kal kursus otomotip/motor berapa bata yahs umur

    • Maret 2, 2014 pukul 1:48 pm

      Mas dadang, secara umum tidak ada batasa umur untuk mengikuti Kursus Otomotif. Tetapi tentu lebih baik sudah dapat bertanggung jawab kepada dirinya sendiri…setidaknya minimal 15 Tahun

  30. sopian
    April 24, 2013 pukul 12:01 pm

    saya pengen kursus otomotip mobil di bndung d daerah mna ea?

  31. haheho
    Mei 28, 2013 pukul 4:36 am

    saya pengen kursus otomotif surabaya di mana ea?

  32. Juni 3, 2013 pukul 2:09 pm

    saya mau kursus otomotif d sidoarjo ndg mana ya tmpat e

  33. Juli 10, 2013 pukul 3:13 am

    ini nih…
    “Hampir sekitar 70% lulusan kursus montir otomotif dapat langsung bekerja di bidang perbengkelan, bahkan ada sebagian yang mampu berusaha sendiri”

    usaha sendiri tuh berarti menaikan kualitas hidup pribadi dan keluarga, serta membuka lapangan pekerjaan…
    ayo mari usaha sendiri! :)

  34. edi
    Oktober 6, 2013 pukul 1:16 am

    Tempat.y di mna

  35. edi
    Oktober 6, 2013 pukul 11:58 am

    Maaf pa mw tanya kalo di daerah purwokerto sebelah mna

  36. yulius bria
    November 2, 2013 pukul 7:15 am

    kalau cuman kursus nyupir aja bleh ngak,n biayanya berpa klau cumn nyupir aja.

  37. November 22, 2013 pukul 3:59 am

    aku mau jga iktt tpi dmna yg tempat???

  38. kelik
    Januari 18, 2014 pukul 3:08 pm

    alamatnya disolo ada apa tdk

    • Maret 2, 2014 pukul 1:28 pm

      Mas Kelik, Anda saya sarankan untuk mendiskusikannya dengan LKP LIPMI Solo.

  39. ozi
    Januari 21, 2014 pukul 1:17 pm

    kalo kursus otomotif &modif balap didaerah cilacap dimanayah

    • Maret 2, 2014 pukul 1:27 pm

      Disekitar Cilacap, Mas Ozi saya sarankan lebih banyak berdiskusi dengan LKP Yoga Expres, atau dengan alumninya Bengkel Antero Motor.

  40. toni
    Februari 13, 2014 pukul 3:16 pm

    dimana kursus otomotif yang bagus dan di jamin.

    • Maret 2, 2014 pukul 1:26 pm

      Mas Toni secara umum jika maksudnya kursus dapat menjamin anda akan bekerja setelah selesai, mungkin akan sulit ditemukan. Namun anda dapat memilih Kursus dan pelatihan otomotif yang memiliki jaringan kemitraan yang banyak dengan dunia usaha dan industri, dan rata2 kursus otomotif memiliki kemitraan itu. Tetapi percayalah lebaga pendidikan sesungguhnya hanya membekali Anda dengan kompetensi yang disyaratkan oleh dunia kerja, selebihnya sangat ditentukan oleh kemampuan anda dalam banyak sisi.

  41. shaidatul
    Maret 3, 2014 pukul 8:54 am

    bolehkah jika saya mahu mendapatkan test report daripada pihak tuan. emel saya : shaidatul_s@um.edu.my

  42. Mei 11, 2014 pukul 3:20 am

    Kalo di palembang ada gak.tepat nya di kota prabumulih.

  43. adi
    Juli 31, 2014 pukul 6:34 pm

    bos tolong kash info di mn tempat kursus yg tepat.trem sbelumnya

  44. venni
    Oktober 15, 2014 pukul 1:04 pm

    kalau dibali dimana ada tempat kursus otomotif yaa???

  45. Oktober 23, 2014 pukul 1:00 pm

    Sebelumnya sya minta m’f.
    Kalo’ boleh kasih tau saya ea dmna almatnya karna sya pengen bnget kursus mikanik dsurabaya itu diman..

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: